Solusi Tepat Infrastruktur Fiber Optik

jasa fiber optic jabodetabek

Instalasi kabel fiber optik dibutuhkan agar koneksi internet yang dijalankan di perkantoran dapat digunakan tanpa adanya gangguan berarti, seperti gangguan cuaca dan lain sebagainya. Selain itu kabel fiber optik juga memiliki kecepatan yang jauh berbeda dibandingkan jenis yang lain di kelasnya.

Untuk itu kami akan membantu anda dalam Instalasi Fiber Optic baik itu penarikan kabel indoor maupun outdoor, jasa Instalasi Kabel Fiber Optic, Splicing, Tarik kabel FO indoor Outdoor, Udara, underground, OTDR, penyambungan, joint closure, dan OPM.

Fiber To The Home (FTTH)

Penempatan perangkat pada teknologi FTTH diantaranya ialah PON OLT dipasang di central office. Sementara itu, splitter dipasang di luar bangunan, di dinding atau kabinet outdoor. Apabila gedung bertingkat sebuah splitter dapat digunakan untuk melayani beberapa tingkat sekaligus. Namun pada umumnya splitter akan dipasang di tengah-tengah area layanan untuk menghemat penggunaan fiber optik.

Sementara itu, letak ONU yang membedakan dengan teknologi FTTx lainnya disetting di rumah-rumah pelanggan dan langsung dihubungkan ke pesawat pelanggan melalui kabel tembaga indoor atau IKR di dalam rumah. Ordenya dapat mencapai puluhan meter menyesuaikan dengan dimensi rumah pelanggan. Interface yang dibutuhkan pada ONU diantaranya ialah POTS, FE/GE, Wifi dan RF. Sedangkan bandwidth yang disediakan per pelanggan berkisar 10 – 100 Mbps.

Fiber To The Office (FTTO)

Aplikasi FTTO ini mirip dengan implementasi pada FTTH, hanya saja jarak ONU dengan perangkat pelanggan pada FTTO dapat mencapai 50 m.

Fiber To The Building (FTTB)

FTTB menempatkan PON OLT sama seperti FTTH yaitu pada central office, basement atau ruang perangkat jika diinstall di gedung. Splitter terpasang di dalam gedung untuk melayani beberapa lantai sekaligus. Sedangkan ONU tersetting di basement atau di tiap lantai tergantung pada jumlah pelanggan serta efektivitas layanan. Pada FTTB, Interface yang dibutuhkan ONU antara lain POTS, FE/GE, E1, ADSL/ADSL2/ADSL2+, VDSL2, dan SHDSL. Untuk besar bandwidth yang disediakan ialah setiap terminal menggunakan rasio pembagi bandwidth, umumnya antara 50-100 Mbps untuk setiap pelanggan.

Fiber To The Curb (FTTC)

PON OLT pada FTTC juga dipasang pada central office, sama seperti FTTH/FTTO ataupun FTTB. Adapun splitter terpasang di luar gedung. ONU tersetting di basement atau curb, ataupun terpasang di tiang atau outdoor cabinet untuk melayani pelanggan perumahan. Sama seperti teknologi FTTx lainnya, ONU FTTC membutuhkan interface berupa POTS, FE/GE, E1, ADSL/NADSL2/ ADSL2+, VDSL dan SHDSL. Menggunakan rasio pembagi bandwidth di setiap terminal, FTTC mampu menyediakan bandwidth berkapasitas antara 100 Kbps-100 Mbps untuk setiap pelanggan.

Leave A Comment